7 buah dan sayur mengandung antioksidan paling tinggi

        Sebelum kita membahas tentang 7 Buah dan sayur yang mengandung antioksidan paling tinggi. Tahukah kamu apa itu antioksidan ?
Jika kamu belum mengetahui apa itu antioksidan mari simak ulasan berikut ini. Antioksidan adalah zat yang dapat memperlambat atau mencegah terjadinya proses oksidasi. Antioksidan juga dapat di definisikan sebagai senyawa atau zat yang melindungi sel dari efek bahaya radikal bebas. Bagaimana apakah kamu sudah paham? Jika masih belum, antioksidan merupakan kekuatan yang akan melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit dan dapat memperlambat terjadinya penuaan. Oleh karena itu, jika kadar antioksidan dalam tubuh kurang maka kita bisa mengalami stres oksidatif. Stres oksidatif akan membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Antioksidan adalah termasuk didalamnya nutrisi seperti licopene, vitamin E, beta-caroten, flavonoid, selenium, lutein, dan lain-lain.
Buah dan sayur kaya antioksidan. Berikut ini makanan (Buah dan Sayur) yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.
7 buah dan sayur mengandung antioksidan paling tinggi
sayur warna hijau

1. Sayur dengan daun berwarna hijau
     Sayuran yang memiliki warna hijau memiliki kandungan kalori serta rendah lemak. Selain itu zat besi, kalsium, serat juga juga terkandung dalam sayur berwarna hijau. Sayur bayam merupakan salah satu sayur berwarna hijau. Antioksidan yang terdapat didalamnya antara lain beta-caroten, vitamin C, lutein, dan vitamin E.

2. Buah berry
     tidak hanya enak buah-buah berry juga memiliki banyak manfaatnya. Berry memang buah yang kecil namun mampu mencegah beberapa jenis penyakit. Dalam buah beri ditemukan kandungan yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi kognitif serta memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Cranberry, stroberi, bluebarry, raspberry adalah contoh buah dari keluarga berry yang memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi didalamnya.
7 buah dan sayur mengandung antioksidan paling tinggi
Buah Berry

3. Anggur merah
    dalam buah anggur merah terdapat zat antioksidan yang tinggi. Zat ini akan memberikan perlindungan pada tubuh terhadap serangan radikal bebas. Zat antioksidan juga dapat berfungsi untuk mencegah penyakit jantung koroner. Selain terdapat zat antioksidan anggur merah juga memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi.

4. Kacang almond
    kacang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya serat saja yang terdapat didalamnya tetapi juga antioksidan. Sebaiknya konsumsilah sekitar setengah ons kacang almond sehari baik mentah atau yang sudah diolah.

5. Buah apel
    buah yang satu ini biasanya digunakan sebagai makanan pencuci mulut (Kudapan). Bukan hanya rasanya yang enak juga khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Buah apel cukup efektif untuk merawat gigi. Kandungan vitamin dari zat antioksidan dalam apel juga tinggi.

6. Wortel
    Dipercaya memiliki vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga mengandung beta-karoten yang mampu membantu tubuh melawan kanker dan memproduksi vitamin A. Sayuran yang berwarna jingga juga baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang melakukan penurunan berat badan.

7. Manggis
    Buah manggis adalah primadona di daerah tropis seperti indonesia karena memiliki sangat banyak sekali manfaat, buah ini memiliki antioksidan, antibakteri dan juga antijamur. namun manfaat buah ini tidak hanya diperoleh dari buahnya saja tetapi kulitnya pun bermanfaat. Beberapa manfaat dari buah manggis yaitu sebagai zat anti kanker karena dalam kulit manggis terdapat xanthones yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. kemudian bermanfaat untuk mengurangi resiko penuaan dan radang pada kulit.

Baca Juga Manfaat brokoli bagi kesehatan

Beruntung sekali karena buah dan sayur diatas sangat mudah ditemukan di daerah tropis seperti indonesia. oleh karena itu kita konsumsi buah dan sayuran dengan seimbang. sekian terlebih dahulu tips tentang buah dan sayur yang mengandung antioksidan .semoga bermanfaat 
    
Newest
Previous
Next Post »